9 Tips Tingkatkan SEO Via Mesin Pencari

 On Minggu, 03 November 2013  

Aturan apa saja yang perlu di perhatikan dari segi SEO (Search Engine Optimization). Karena, jika desain yang bagus akan membuat user betah berlama-lama di website anda, maka SEO website yang bagus bisa memancing lebih banyak user untuk datang ke website anda melalui mesin pencari, terutama Google. Jadi kedua faktor ini bisa di bilang sangat erat kaitannya untuk kesuksesan website anda. Nah, berikut 9 aturan design berbasis SEO yang diambil dari Tim dalam mendesign sebuah website.
  1. Tambahkan Sebuah Blog
  2. Tidak banyak Upadate yang bisa dilakukan pada sebuah website sejenis Company Profile atau Brosur Online. Padahal, mesin pencari akan meninggalkan website yang tidak rutin update. Maka, menambahkan sebuah blog merupakan solusi paling tepat untuk menyatakan pada mesin pencari bahwa website anda "hidup" dan "berpenghuni". Lewat blog, anda bisa update rutin konten segar untuk website anda. Memiliki sebuah blog juga bisa meningkatkan potensi customer untuk melakukan bookmark dan share di akun sosial media mereka. berarti promosi gratis untuk brand anda bukan???
  3. Jadikan Setiap Halaman Unik
  4. Google tidak hanya mengurutkan ranking berdasarkan konten di dalam sebuah website, namun juga melihat keunikan dari konten tersebut. Jika Google menemukan konten yang sama persis dengan website lain, resikonya website anda akan di anggap melakukan duplikasi konten dan akan di tolak oleh googlebot. Maka, hindari tindakan duplikasi konten (copy-paste artikel). Untuk anda ketahui, duplikasi kontent juga terjadi jika halaman www dan non www pada website anda dibaca sebagai dua halaman yang berbda. Jadi manfaatkan file .htaccess pada website anda untuk melakukan redirect antara www ke non www dan sebaliknya agar anda terhindar dari issue duplikasi konten karena masalah teknis.
  5. Batasi penggunaan keyword dalam suatu halaman
  6. Memang penting memasang sebanyak mungkin keyword (kata kunci) ke dalam halaman website anda. Namun jika dilakukan secara berlebihan, mesin pencari justru akan menganggap website anda sebagai spam. Maka batasi penggunaan keyword anda dengan menggunakan maksimal 3% dari total kata dari suatu halaman. Artinya, anda hanya boleh mengulang 3 keyword yang sama dari 100 kata-kata yang terdapat pada satu halaman website anda.
  7. Hindari code bloat
  8. Mesin Pencari tidak bisa begitu saja menemukan artikel yang harus mereka cantumkan di hasil pencarian. Dia harus mengubah kode HTML anda ke dalam bentuk konten dulu. Sehingga Code Bloat merupakan salah salah satu dari sekian hal yang benci oleh mesin pencari. Code bloat terjadi jika anda menulis JavaScript dan CSS jadi satu dengan file HTML anda. Hal ini akan menyusahkan rasio konversi kode ke konten dari mesin pencari. Selain itu, code bloat pada dasarnya juga bisa melambatkan waktu loading halaman anda dan meningkatkan kemungkina eror pada website anda. Jadi, biasakan untuk menulis semua kode JavaScript dan CSS anda pada file yang terpisah dari halaman HTML anda.
  9. Isi taqs <title> dengan keyword
  10. Tags <title> adalah tulisan yang akan di tampilkan pada title bar browser anda. Biasanya pada tag <title>, orang akan cenderung mengisikan nama perusahaannya. Namun anda bisa memanfaatkannya dengan lebih baik. Yaitu mengisinya dengan keyword untuk mendapatkan ranking lebih tinggi pada mesin pencari. Batas panjang karakter, termasuk spasi, yang boleh dituliskan dalam tags <title> adalah 60 karakter. Selebihnya akan di potong secara otomatis oleh Google untuk di tampilkan pada halaman hasil pencariannya sebagai judul konten anda.
  11. Memanfaatkan taqs <meta description>
  12. Taqs <meta description> adalah tulisan yang kadang akan di tampilkan pada bagian konten dihalaman hasil pencarian Google. Maka, tulis deskripsi yang bisa menyakinkan Google untuk mengklik halaman anda. Batas panjang karakter (termasuk spasi) yang boleh dituliskan dalam tags <meta description> adalah 160 karakter.
  13. Buat halaman yang berbeda untuk masing-masing frasa keyword
  14. Cara paling ampuh untuk menaikkan ranking setiap frasa (kalimat) keyword yang di targetkan adalah dengan membuatkan sebuah halaman khusus untuk masing-masing frasa keyword yang ditargetkan. Misalnya satu halaman untuk setiap produk atau layanan yang anda jual. Selain mendongkrak SEO, halaman-halaman ini membuat user mendarat pada landing page yang sesuai dengan kata kunci yang dicarinya. Sehingga setelah user mengklik website anda dari halaman hasil pencarian Google, user sudah langsung menemukan apa yang dicarinya.
  15. Tambahkan inbound link ke semua halaman pada bagian footer
  16. Berikut, anda bisa menambahkan link dengan anchor text berupa keyword yang di target. Hal ini akan memberikan peningkatan signifikan untuk upaya SEO anda. Tetapi jika desain website anda adalah salah satu website yang penuh dengan media selain tulisan seperti gambar, JavaScript, dan Flash (yang mana tidak bisa di berikan atribut anchor text), maka anda bisa menambahkan footer berisi inbound-inbound link yang saling terhubung pada halaman lain di website anda. Pada inbound link tersebut, anda bisa mengatur anchor text nya sesuai keyword yang anda target.
  17. Registrasi Google Analytics
  18. Google Analytics merupakan sebua paket software yang akan menyediakan sejumlah data penting mengenai kegiatan user didalam website anda.Dengan fungsi seperti Goal Tracking, Event Tracking, dan Bounce Rates anda bisa mengumpulkan berbagai informasi yang bisa dipergunakan untuk menentukan rencana bisnis anda. Sebagai pendamping Google Analytics, daftarkan juga akun Google Webmaster untuk website anda. Kami jamin, perpaduan kedua tools ini akan meningkatkan leverage website anda secara signifikan.
9 Tips Tingkatkan SEO Via Mesin Pencari 4.5 5 Bhibin Minggu, 03 November 2013 Aturan apa saja yang perlu di perhatikan dari segi SEO ( Search Engine Optimization ). Karena, jika desain yang bagus akan membuat user ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar